Tutorial WooCommerce Lengkap untuk Membuat Toko Online

JS NEWS – Punya produk yang ingin dijual secara online? Ingin mulai membuat toko online, tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Tenang saja karena Anda akan mendapatkan panduan terlengkap cara membuat toko online di tutorial WooCommerce ini.

Apa Itu WooCommerce?

WooCommerce adalah plugin toko online gratis dari WordPress. Dengan plugin ini, Anda bisa membuat toko online tanpa kemampuan coding sama sekali.

WooCommerce merupakan plugin WordPress untuk membangun toko online.

WooCommerce memungkinkan Anda untuk mengatur toko online Anda dengan mudah, mulai dari menata display produk sampai mengelola pembayaran.

Bisa dikatakan bahwa WooCommerce adalah salah satu plugin ecommerce terbaik. Penggunaannya pada platform WordPress membuat impian memiliki toko online sendiri kian mudah diwujudkan. 

Lalu, apa kelebihan dari WooCommerce dan kenapa harus menggunakannya? Baca lebih lanjut penjelasan tutorial WooCommerce berikut.

Mengapa Harus Menggunakan WooCommerce?

Berikut alasan-alasan mengapa WooCommerce adalah plugin terbaik untuk toko online Anda:

1. Telah Dipercaya Jutaan Pengguna

WooCommerce telah dipercaya untuk menjadi platform toko online oleh lebih dari 59 juta pengguna di seluruh dunia. Artinya WooCommerce telah menjadi platform toko online untuk 28 persen toko online secara global. Kualitasnya pun tidak diragukan. Sebab sebanyak 21 persen toko online yang menggunakan WooCommerce berhasil masuk ke Top 1 Million Sites.

2. Cocok dengan WordPress

WooCommerce adalah plugin yang dikembangkan oleh WordPress langsung. Jadi Anda bisa dengan mudah memasang WooCommerce di website WordPress Anda cukup dengan menginstall plugin WooCommerce seperti memasang plugin lainnya.

3. Keamanan Terjamin

Semua toko online harus meyakinkan para pelanggannya bahwa toko online-nya adalah tempat yang aman untuk melakukan transaksi pembelian. Jika menggunakan WooCommerce, Anda tidak perlu khawatir soal keamanan. Sebab WooCommerce melindungi semua data transaksi yang terjadi di toko online Anda agar tidak jatuh ke tangan pihak ketiga. Jadi pelanggan Anda bisa berbelanja dengan aman.Mau Website Lebih Aman? Tambah SSL Cuma Rp115 ribu/tahunTAMBAH SSL SEKARANG

4. Gratis

Salah satu kelebihan utama dari WooCommerce dibanding platform toko online lain adalah gratis. Pada dasarnya WooCommerce menyediakan layanannya secara gratis untuk siapa saja. Akan tetapi, WooCommerce juga menyediakan beberapa fitur yang harus Anda beli jika ingin menggunakannya.

5. Mudah Digunakan Siapa Saja

WooCommerce membuktikan bahwa membuat toko online itu sulit hanya mitos belaka. Dengan WooCommerce, Anda dapat dengan mudah membangun toko online, dari membuat display produk, mengatur kategori produk, menambahkan promosi dan diskon, sampai membuat pilihan pembayaran tanpa perlu mengetahui coding sama sekali.

6. Menyediakan Banyak Pilihan Tema

Tampilan tentu menjadi hal penting bagi semua toko online, bukan? Setiap jenis toko online memiliki konsep masing-masing. Konsep toko online pakaian laki-laki tentu berbeda dengan konsep toko online pakaian perempuan. Begitu juga dengan konsep toko online buku pasti berbeda dengan konsep toko online barang elektronik. Tidak perlu khawatir karena WooCommerce menyediakan berbagai macam pilihan tema, baik gratis maupun berbayar.

Tutorial WooCommerce Terlengkap

Sebelum memulai tutorial WooCommerce, pastikan bahwa Anda sudah memiliki WordPress yang sudah terpasang. Jika belum memasang WordPress, Anda bisa memasang WordPress dengan mengikuti panduan di artikel cara install WordPress.

Sudah punya WordPress? Anda bisa langsung mulai mengikuti tutorial WooCommerce di bawah ini!

1. Cara Install dan Aktivasi WooCommerce

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WooCommerce adalah plugin yang dapat dipasang dengan mudah melalui WordPress.

Cara install WooCommerce cukup mudah. Silakan login ke dashboard WordPress Anda. Kemudian, pilih menu Plugin -> Add New. Ketikkan “WooCommerce” di kolom pencarian.

Menambahkan plugin WooCommerce di WordPress.

Selanjutnya, pilih plugin WooCommerce, dan klik Install Now. Lalu, Activate.

Menginstal plugin WooCommerce.

2. Cara Setting WooCommerce

Setelah proses instalasi dan aktivasi selesai, Anda akan melihat pemberitahuan dari WooCommerce untuk menjalankan Setup Wizard . Silakan pilih Yes Please.

Tampilan awal setup wizard WooCommerce.

Menggunakan Setup Wizard adalah langkah termudah untuk cara setting WooCommerce. Akan tetapi, jika Anda melewatkan pemberitahuan tersebut, Anda bisa membuka menu WooCommerce > Help > Setup Wizard.

Langkah 2.1. Pengaturan Alamat Toko

Langkah pertama, WooCommerce akan meminta Anda mengisikan informasi detail toko online tersebut.

Pengaturan alamat toko di WooCommerce.

Informasi yang diperlukan adalah

  • Address Line 1. Alamat utama toko online Anda.
  • Address Line 2. Alamat alternatif toko online Anda.
  • Country/Region. Pilih negara Indonesia.
  • City. Pilih kota lokasi toko online Anda.
  • Postcode. Isikan nomor kode pos alamat toko online Anda.

Langkah 2.2. Pengaturan Jenis Industri Bisnis Anda

Langkah selanjutnya dalam tutorial WooCommerce adalah mengatur jenis industri toko online Anda.

Pengaturan jenis industri di tutorial WooCommerce.

Pada bagian ini, Anda bisa memilih beberapa industri yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Cukup centang pada pilihan berikut:

  • Fashion, Apparel, and Accessories
  • Health and Beauty
  • Art, music, and photography
  • Electronics, and computers
  • Food, and drink
  • Home, furniture, and garden
  • Other

Sebagai contoh, jika Anda menjual minuman kesehatan, Anda bisa mencentang Food dan Drink dan Healthy and Beauty.

Langkah 2.3. Pengaturan Tipe Produk yang Dijual

Pada bagian ini, Anda diminta menentukan jenis produk apa yang Anda jual di toko online tersebut.

Pengaturan tipe produk dalam cara setting WooCommerce.

Terdapat banyak pilihan tipe produk yang bisa Anda pilih. Dua tipe produk bisa Anda gunakan secara gratis, yaitu Physical products (produk yang membutuhkan pengiriman) dan Downloads (produk digital yang bisa langsung di download).

Langkah 2.4. Pengaturan Detail Bisnis

Pada langkah ini, Anda bisa mengisikan dua informasi terkait bisnis yang Anda jalankan.

Pengaturan detail bisnis dalam tutorial WooCommerce.

Pertama, berapa banyak produk yang akan Anda pajang di toko online Anda. Kedua, apakah Anda menjual produk tersebut di tempat lain atau hanya di toko online tersebut.

Langkah 2.5. Pemilihan Tema

Langkah terakhir dalam setup wizard WooCommerce adalah memilih tema untuk toko online Anda.

Pemilihan tema website toko online.

Terdapat beberapa tema yang bisa Anda gunakan secara gratis. Untuk lebih memastikan tema yang digunakan sesuai bisnis Anda, gunakanlah mode Live Preview.

Nah, setup WooCommerce sudah selesai! Selanjutnya, Anda bisa masuk ke menu dashboard WooCommerce dan melakukan langkah berikutnya yaitu menambahkan produk ke toko online tersebut.

Baca Juga

Halaman Selanjutnya

Share Is Cool