‘THE TREE OF LIFE’, Mencoba Memahami Makna Kehidupan

'THE TREE OF LIFE', Mencoba Memahami Makna KehidupanSinopsis
Memahami kehidupan bukanlah sesuatu yang mudah. Meski kita hidup di bumi yang sama namun masing-masing orang memiliki sisi pandang yang berbeda tentang hidup itu sendiri. Pengalaman masa kecil bisa jadi akan tetap membekas sampai ajal menjemput dan itulah yang dialami Jack (Sean Penn).

Saat masih kecil, Jack (Hunter McCracken) melihat dunia ini dari mata ibunya (Jessica Chastain). Semuanya terlihat indah dan penuh kasih. Saat usia Jack bertambah, ayahnya (Brad Pitt) mulai menanamkan pendidikan yang sama sekali berbeda dengan apa yang ia dapatkan dari ibunya. Semua yang semula terlihat indah perlahan mulai pudar digantikan kesuraman.

Saat Jack telah dewasa, pengalaman masa kecil ini ternyata masih membekas kuat. Jack kehilangan pegangan. Dunia sudah berubah namun sesuatu yang ada di dalam diri Jack sepertinya tetap membelenggu. Pelan namun pasti Jack mulai memahami kehidupan itu sendiri dari sisi pandangnya. Ia mulai bisa memaafkan ayahnya yang selama ini ia benci dan perlahan melangkah menyusuri jalan hidupnya sendiri.

Review
Ini film yang bukan sekedar bercerita. Selain menuturkan kisah perjalanan batin sosok Jack hingga ia memasuki masa dewasa, ada pesan yang ingin disampaikan Terrence Malick sebagai sutradara sekaligus penulis naskah. Dan Malick cukup jeli dalam menyampaikan pesan ini agar tak terlihat menggurui dengan serangkaian dialog dan narasi.

Pesan yang disampaikan Terrence Malick sebenarnya bukan pesan yang jauh dari kehidupan sehari-hari. Apa yang dikisahkan Malick adalah apa yang terjadi dalam kehidupan setiap manusia. Pergolakan batin, pencarian jati diri, dan kegalauan saat semua nilai yang ditanamkan sedari kecil mulai jadi setumpuk pertanyaan. Yang menarik, Malick mampu menuangkan kisah itu dengan cara yang sangat indah tanpa berkesan menggurui.

Tanpa harus merendahkan reputasi Brad Pitt dan Sean Penn, film ini adalah filmnya Hunter McCracken. Bocah kecil ini bermain begitu natural, sama sekali tak berkesan sedang berakting di depan kamera. Konon ini adalah pengalaman akting pertama buat Hunter McCracken. Di saat yang sama, Brad Pitt dan Jessica Chastain pun bermain sangat cemerlang meski sayangnya karakter yang diperankan Sean Penn sepertinya kurang tergarap dengan baik.

Sebagai bonus, Terrence Malick, menyampaikan kisah ini tidak hanya dengan rangkaian dialog. Dialog malahan bukan bagian paling banyak dari film drama ini. Visual dan musik latar justru memegang peran yang sangat penting dalam penuturan kisah kehidupan ini.

sumber : http://www.kapanlagi.com (diakses tanggal : 15/09/15)