Review PROLiNK Xtend Pro Starter Kit: Sistem Mesh Terjangkau

JS NEWS – Tak mau ketinggalan, produsen aksesori dan perangkat jaringan PROLiNK pun meluncurkan perangkat jaringan nirkabel berbasis mesh-nya yang diberi nama Xtend Pro. Terdapat dua varian, salah satunya adalah Xtend Pro Starter Kit yang merupakan wireless router system pertama PROLiNK yang lebih ditujukan untuk penggunaan di rumah.

Sama seperti wireless router system lain, PROLiNK Xtend Pro Starter Kit menawarkan konfigurasi yang mudah bagi pengguna awam untuk menghadirkan jaringan nirkabel yang merata di rumah. PROLiNKmenyediakan aplikasi untuk konfigurasi yang bernama mXtend untuk sistem operasi Android dan iOS.

Setelah konfigurasi awal dilakukan, pengguna masih bisa melakukan konfigurasi lebih lanjut seperti mengganti nama SSID dan menambahkan node Xtend Pro lain. Pengguna tentunya tetap bisa melakukan konfigurasi melalui panel kontrol memanfaatkan peramban.

Di dalam paket PROLiNK Xtend Pro Starter Kit terdapat dua node alias dua PROLiNK Xtend Pro, yang masing-masing bisa berfungsi sebagai host. Jika dirasa kurang, pengguna bisa menambah node lagi dengan membeli secara terpisah. PROLiNK Xtend Pro sendiri memiliki bentuk yang cukup menarik dengan dimensi yang cukup ringkas sehingga tidak akan memakan tempat.

Kemudian untuk spesifikasinya, PROLiNK Xtend Pro menawarkan dua pita operasi, 2,4 GHz dan 5 GHz, tanpa pita tersendiri untuk wireless backhaul-nya. Pada pita 2,4 GHz, PROLiNK Xtend Pro menawarkan kecepatan sampai 300 Mbps, sedangkan pada pita 5 GHz dengan 802.11ac, ia menawarkan kecepatan sampai 1.733 Mbps. Kecepatan teoiritis maksimal itu sudah memadai untuk kebutuhan jaringan skala kecil di rumah. Saat kami coba pun, perangkat ini mampu memberikan kecepatan rata-rata sekitar 85 Mbps dan 153 Mbps untuk pita 2,4 GHz dan 5 GHz.

Baca Juga : EnGenius Rilis Perangkat Jaringan Terbaru untuk Para Pengguna Rumahan

Secara fitur, PROLiNK Xtend Pro juga cukup lengkap. Ia misalnya sudah mendukung MU-MIMO untuk kinerja yang lebih baik saat menangani banyak perangkat, serta TouchLink yang memudahkan pengguna membagikan akses hanya dengan menyentuh sisi atasnya.

Masing-masing unit PROLiNK Xtend Pro memiliki 3 porta LAN dan 1 porta USB.

Masing-masing unit PROLiNK Xtend Pro memiliki 3 porta LAN dan 1 porta USB.

Kesimpulan

PROLiNK Xtend Pro Starter Kit merupakan wireless router system dengan fitur yang menarik dan kinerja yang memadai untuk kebutuhan rumahan. Harganya pun menjadi nilai tambah lain. Namun, paketnya yang hanya berisikan dua node tentunya menjadi pertimbangan tambahan. (Steven Irwandi)

Plus: Desain ringkas, konfigurasi sangat mudah, ada aplikasi mobile

Minus: Starter Kit hanya terdiri dari dua node.

Spesifikasi

Standar802.11b, 802.11g, 802.11n, 802.11ac
Konektor1 x WAN/LAN 1 Gbps, 2 x LAN 1 Gbps, 1 x USB 2.0
Mode operasiWireless routeraccess point
Kecepatan transfer dataSampai 300 Mbps (2,4 GHz 802.11b/g/n) + sampai 1.733 Mbps (5 GHz 802.11ac)
FiturServer DHCP, MAC address filter, filter URL, parental controldual-band steering, MU-MIMO, TouchLink, aplikasi mobile
KelengkapanAdaptor daya, manual, kabel LAN
Situswww.prolink2u.com
Garansi1 tahun
HargaRp3.990.000

SUMBER

Share Is Cool