Potensi Celah Sekuriti Pada Smartwatch

Romit Roy Choudhury bersama grup dari ECE Illinosis mengembangkan suatu proyek bernama motion leaks ( mole ) yang didanai oleh national science foundation, dan mempresentasikan penemuan mereka di mobicon 2015.

Riset yang dilakukan untuk mengeksploitasi smartwatch samsung gear live memanfaatkan sensor internal untuk mendeteksi gerakan. Dengan memanfaatkan data dari accelerometer dan gyroscope, aktivitas tangan dari user dapat dipetakan ketika mengoperasikan keyboard.

Terdapat 2 algoritma yang dibuat, yakni tombol apa yang sedang ditekan dan kata yang telah diketik. Algoritma pertama akan merekam area mana yang di pencet kemudian dideteksi oleh sensor. Aktivitas ini mirip dengan cara keylogger atau perekam ketika secara umum.

Sementara itu, algoritma kedua akan mengolah data yang direkam dari sensor kemudian menganalisis jeda dari setiap ketikan, dan menggunkana fasilitas kamus untuk menebak ataupun menentukan kata apa yang diketikkan pada smartwatch user.

Mole merupakan suatu proyek yang sedang dikembangkan karena masih terdapat kekurangan dari segi kemampuan fitur untuk mendeteksi beberapa ketika seperti tidak mampunya mendeteksi nomor, karakter khusus, serta kompleksitas dari tombol spasi.

Aplikasi pada mole ini hanya dikembangkan untuk smartwatch samsung gear live namun secara teori, aplikasi ini dapat dijalankan pada model smartwatch lain.

Proyek ini memberika peringatan tentang adannya potensi penyalahgunaan dalam hal mencuri data privasi yang dilakukan hacker untuk mendapatkan password atau data dari e-mail pribadi. Oleh sebab itu, antisipasi awal yang harus dilakukan oleh user adalah dengan tidak sembarang meng-install aplikasi karena bisa jadi aplikasi tersebut dapat menjadi pencuri data alias keylogger yang memonitor setiap ketikan anda pada smartwatch.

Seperti diketahui, celah pencurian data juga dapat berlangsung dengan menangkap jalur komunikasi antara smartwatch ke ponsel. Smartwatch merupakan teknologi baru sekaligus ancaman sekuriti baru.

Info : www.ece.illinosis.edu

Sumber : PCMedia Edisi : 10/2015 ( Diakses tanggal :08/12/2015 )

Share Is Cool