Pendapatan CryptoWall Sungguh Fantastis

JS NEWS Siapa yang tidak takut tekena malware berjenis ransomware yang dapat menyandera data anda dengan cara mengenkripsinya,

dan mengharuskan anda membayar tebusan dengan nominal tertentu kepada pembuat malware untuk mengembalikan data anda.

Beberapa pakar sekuriti yang tergabung sebagai Cyber Threat Alliance dari berbagai perusahaan seperti Symantec, Fortiner, McAfee (Intel Security), Palo Alto Networks, Zscaler, Telefonica, Barracuda dan ReversingLabs, bekontribusi dalam berbagai informasi mengenai evolusi dari CryptoWall.

Bedasarkan laporan, CryptoWall memiliki 49 campaign penyebaran yang berbeda, dan berhasil menginfeksi 406.887 user yang mayoritas korbannya berada di Amerika Utara.

CryptoWall memiliki 4.046 varian dan terdapat 839C & C Server. Penyebaran dari ransomwar lebih banyak menggunakan media e-mail phising, yaitu sebanyak 67.3%, dan dan menyebar melalui exploit kits seperti halaman website yang dibajak oleh hacker sebanyak 30.7%.

Semua transaksi pembayaran yang diterima oleh pembuat malware menggunakan Bitcoin yang setiap transaksinya tercatat oleh layanan blockchain.

Lau berapa nominal yang diperoleh dari hasil penginfeksianransomware ini? Cyber Threat Alliance mengisyaratkan nominal sebesar US$325 juta dalam satu rekening. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hanya ada satu pihak di balik penyebaran ransomware ini.

Para pakar sekuriti pun memberikan saran terbaik agar terhindar dari ancaman CryptoWall, yaitu dengan memahami cara malware menginfeksi sistem selain menggunakan antivirus.

Di awal November, Kaspersky merilis semua key deskripsi untuk ransomwareCoint Vault dan Bitcryptor sehingga memugkinkan korban yang terkena jenis ransomware ini dapat mengembalikan data mereka yang trenkripsi. Untuk CryptoWall 3.0, belum tesedia key atau program untuk mengembalikan data yang disandera pembuat malware.

Untuk mencegah ancaman malware penyandera data ini, hindari menjalankan file yang tidak di kenal atau mencurigakan, terutama dari lampiran e-mail meskipun dari pengirim yang anda kenali.

Hindari mengakses website yang tidak terpercaya karena dengan mengunjungi website dengan halaman yang telah terinfeksi virus atau terdapat exploit kits, secara otomatis sistem dapat terinfeksi virus meski tanpa interaksi dari user. Selalu update sistem operasi, browser, Adobe Flash Player, dan software lainya di perangkat anda untuk mencegah eksploitasi yang tidak terduga secara remote.

Sumber: PC Media edisi 12/2015 (diakses tanggal: 2 februari 2016)

 

Share Is Cool

One thought on “Pendapatan CryptoWall Sungguh Fantastis

Leave a Reply

Your email address will not be published.