Nokia 9 Disebut Bakal Kembali Memakai Gelar “PureView”

JS NEWS – Pada 2012 lalu, Nokia memperkenalkan ponsel fenomenal dengan teknologi kamera PureView pertama. Namanya “Nokia 808 PureView”, memiliki kamera 41 megapiksel dan merupakan model smartphone Nokia terakhir dengan sistem operasi Symbian.

Kini, setelah enam tahun berselang, embel-embel PureView bakal comeback ke ponsel Nokia. Setidaknya begitu yang diumbar pembocor ulung Roland Quandt di akun Twitter personalnya.

Nokia 9 Pureview. That’s the actual marketing name of what will come soon from HMD Global. (I know the bought the rights to the Pureview moniker, but can now confirm it’ll be part of the device name.)

HMD Global selaku pemegang lisensi merek ponsel Nokia dikatakan bakal segera meluncurkan “ Nokia 9 PureView”. Sebelumnya, lini ini digembar-gemborkan hanya akan dijuluki “Nokia 9” saja. Brand PureView sendiri mengacu pada kemampuan kamera yng diklaim mumpuni.

Merek dagang ini tadinya sempat dimiliki Microsoft pasca akuisisi Nokia pada 2014, lalu digunakan untuk seri ponsel Windows Phone Lumia 920, Lumia 1020, Lumia 1520, dan Lumia 950. Namun, pada Agustus 2018, kepemilikan hak cipta PureView diketahui telah ditransfer ke HMD Global.

Baca Juga : APLIKASI INI BANTU CARI ORANG HILANG AKIBAT TSUNAMI SELAT SUNDA

Selain PureView, merek hak cipta lainnya yang telah dialihkan ke HMD Global adalah “Asha” dan “Xpress-On”yang dulu juga berakar dari Nokia, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (3/10/2018), dari Gizmochina. Lima kamera? Kembali ke Nokia 9 PureView, semestinya ponsel tersebut dilengkapi teknologi kamera canggih seperti lini PureView yang sudah-sudah.

Bocoran yang beredar di ranah maya akhir-akhir ini menguatkan dugaan tersebut. Nokia 9 PureView dikatakan bakal memiliki lima kamera sekaligus di bagian belakang, lebih banyak dari konfigurasi dual camera dan triple camera yang diusung ponsel terkini.

Jika Nokia 9 PureView benar-benar menawarkan lima kamera, maka tentu bakal menjadi nilai tawar tersendiri meski belum jelas apa fungsi dari masing-masing kamera. Kendati begitu, bocoran ini belum diiyakan pihak HMD Global sehingga belum bisa dipastikan kesahihannya. Belum diketahui pula kapan ponsel ini akan diperkenalkan ke khalayak. Kita tunggu saja.

SUMBER

Share Is Cool