Max Born Tampil sebagai Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

JS NEWS Google memajang doodle seorang pria tua yang tampak sedang berusaha memecahkan masalah matematika dan fisika. Siapa dan mengapa dia menjadi sosok doodle hari ini?

Seperti dikutip dari laman Google Doodle, pria tua berjas warna hijau tersebut adalah Max Born, seorang fisikawan dan matematikawan Jerman yang berhasil menemukan salah satu teori terpenting di bidang mekanika kuantum, dan diberi nama Born Rule.

Sekadar informasi, Born Rule adalah sebuah teori yang menggunakan probabilitas untuk memprediksi lokasi partikel dalam sistem kuantum.

Teori milik Max Born ini sangat berperan besar untuk memahami dan bagaimana menggunakan mekanika kuantum, prinsip-prinsip yang mengatur fisika pada skala subatomik.

Hal ini mendorong berbagai penemuan dan perkembangan teknologi terpenting di dunia, seperti penemuan Medical Imaging Devices (MRI), laser hingga PC.

Sebelum teori Born muncul, fisikawan beranggapan jika ingin mengetahui lokasi partikel kuantum, harus diukur secara tepat dengan menggunakan serangkaian percobaan pengukuran fisik yang rumit.

Max Born menemukan, lokasi partikel kuantum dapat diketahui dengan mudah. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah matriks (urutan angka dalam kolom dan barisan) dan aturan probabilitasnya.

Diketahui, Max Born lahir pada tanggal 11 Desember 1882 di Breslau, yang dulunya adalah daerah bagian dari Kekaisaran Jerman, namun sekarang menjadi bagian dari Polandia.

Ia belajar di Universitas Breslau dan akhirnya meraih gelar Ph.D di Universitas Gottingen, di mana kemudian mengabdikan dirinya sebagai profesor fisika teoretis.

Sayangnya, dengan kebangkitan Nazisme di Jerman, Born pun terpaksa harus melarikan diri dari Jerman pada 1933 dan pindah ke Inggris. Di sana, ia menjabat sebagai Profesor Filsafat Alam di Universitas Edinburgh hingga pensiun pada 1954.

Berkat teori miliknya, Max Born pun akhirnya dianugerahi penghargaan Nobel untuk pada tahun 1954 di bidang fisika.

Fakta menarik, Max Born ternyata merupakan kakek dari Olivia Newton-John. Salah satu penyanyi, penulis lagu, aktris kenamaan dunia yang tampil di dalam film Grease bersama dengan John Travolta.

Sumber :  http://tekno.liputan6.com/read/3191394/max-born-tampil-sebagai-google-doodle-hari-ini-siapa-dia

Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published.