Ketimbang Siri, Kecerdasan Buatan Google Ternyata Lebih Pintar

Menurut penelitian terbaru, kecerdasan buatan besutan Google ternyata lebih pintar ketimbang teknologi serupa besutan perusahaan lain. Hal itu ditunjukkan dari hasil pengukuran IQ dari teknologi tersebut.Adalah tiga peneliti asal Tiongkok dari Academy of Science Research Center on Fictitious Economy and Data Science yang melakukan penelitian tersebut. Mereka melakukan pengukuran IQ berdasarkan data yang diperoleh pada 2016. Berdasarkan hasil pengukuran tersebut, kecerdasan buatan Google ternyata mencatat angka 47,28. Nilai itu mengungguli Baidu yang memiliki nilai 32,92, Microsoft Bing dengan 31,98, dan Siri dari Apple yang mencatat 23,94.

Akan tetapi, seperti dikutip dari CNBC, Senin (9/10/2017), seluruh kecerdasan buatan itu tak ada yang lebih tinggi dari IQ seorang anak berumur enam tahun, yakni sekitar 55,5, apalagi orang berumur 18 tahun yang mencatat nilai 97.

Meski belum terlalu pintar, tiap perusahaan sebenarnya tengah menggenjot kemampuan masing-masing kecerdasan buatan besutannya. Sebagai contoh, awalnya skor IQ kecerdasan buatan Google pada 2014 adalah 26,5, sedangkan Microsoft 13,5.

Di samping itu, perusahaan seperti Apple, Google, dan Microsoft telah berinvestasi cukup besar di bidang kecerdasan. Sejumlah area yang menjadi perhatian adalah speech recognition dan image recogntion untuk mendukung pemasukan perusahaan.

Adapun dalam penelitian ini, para peneliti mempertimbangkan kemampuan sistem, seperti penguasaan pengetahuan, pembelajaran, penggunaan, termasuk penciptaan.

Sekadar infromasi, para peneliti juga melakukan pengukuran pada kecerdasan buatan Google, AlphaGo, yang berhasil mengalahkan juara dunia Go. Kendati tak mengungkap hasil pengukuran tersebut, mereka menyebut kepintarannya masih di bawah manusia.

Sumber : http://tekno.liputan6.com/read/3120697/ketimbang-siri-kecerdasan-buatan-google-ternyata-lebih-pintar