Google Luncurkan Aplikasi Belajar Membaca Bernama Read Along

JS NEWS – Manfaatkan teknologi speech recognition untuk mendeteksi progress pembelajaran sang anak

Peran besar aplikasi pendidikan semakin terasa di tengah pandemi seperti sekarang, dan itu mendorong sejumlah pihak untuk mengerahkan upaya ekstra demi membantu aktivitas belajar anak-anak di kediaman masing-masing. Contohnya Duolingo, yang merilis aplikasi belajar membaca dan menulis belum lama ini, jauh lebih awal dari jadwal yang mereka tetapkan sebelumnya.

Google rupanya juga tak mau kalah. Mereka baru saja merilis aplikasi belajar membaca untuk anak berusia 5 tahun ke atas bernama Read Along. Statusnya masih “early access“, akan tetapi yang menarik dari aplikasi ini adalah pemanfaatan teknologi text-to-speech dan speech recognition untuk mendeteksi apakah sang anak kesulitan membaca atau tidak.

Selama belajar menggunakan Read Along, anak-anak akan didampingi oleh seorang teman virtual bernama Diya. Diya bertugas memberi umpan balik yang positif kepada anak-anak, merangkap peran seorang guru maupun orang tua. Saat kesulitan, sang anak bisa meminta Diya mengajarkan mereka cara membaca suatu kata atau kalimat.

Konten pembelajaran dalam Read Along disajikan dalam bentuk cerita-cerita menarik dari berbagai belahan dunia, dan sebagian di antaranya bahkan dilengkapi semacam mini game. Dorongan untuk terus belajar dan bermain diberikan kepada anak-anak dalam bentuk bintang dan lencana yang mereka peroleh seiring proses belajarnya berlangsung.

Progress belajar sang anak ini dapat terus dipantau oleh orang tua dengan mengklik foto profilnya. Read Along pun mendukung banyak profil sekaligus, yang berarti lebih dari satu anak bisa menggunakannya, dan masing-masing dapat belajar sesuai tahap kemampuannya sendiri-sendiri.

Fakta menarik lain dari Read Along adalah, ia bisa digunakan secara offline. Koneksi internet hanya dibutuhkan saat hendak mengunduh cerita-cerita baru. Google mengklaim data suara yang ditangkap dianalisis secara langsung di perangkat, tanpa mengandalkan bantuan server.

Read Along sejauh ini mendukung sembilan bahasa yang berbeda, tapi sayang Indonesia tidak termasuk salah satunya. Uniknya, aplikasi ini bermula sebagai aplikasi membaca bernama Bolo yang dirilis di India. Semoga saja, Google bisa segera memperbaruinya dengan dukungan bahasa Indonesia.

Read more

Buat yang tertarik, Read Along sekarang sudah bisa diunduh di perangkat Android secara cuma-cuma dari Play Store. Sayang sekali sejauh ini Google belum menyinggung sedikit pun soal versi iOS-nya.

SUMBER

Share Is Cool