Cosmo Communicator, Ponsel dengan Lebih dari Satu Sistem Operasi

JS NEWS – November 2019 lalu, Planet Computers, produsen ponsel asal Inggris, memperkenalkan ponsel besutannya yang mirip dengan Nokia Communicator yang diberi nama Cosmo Communicator. Proyek ini berhasil memperkenalkan ponsel tersebut setelah crowfunding yang mereka adakan sejak 2018 mengalami kesuksesan.

Tidak sampai disitu, baru-baru ini Planet Computers kembali mengumumkan bahwa ponsel tersebut kini juga bisa menjalankan sistem operasi (OS) Linux, bukan hanya sistem Android seperti pada saat pertama kali ponsel tersebut dirilis. Dengan dukungan Linux yang notabene berbasis open-source, bahkan pengguna juga nantinya bebas bisa menambahkan Debian ke ponsel tersebut.

“Menawarkan beberapa alternatif tentang sistem operasi yang layak di ponsel Cosmo Communicator merupakan sebuah ciri khas dari perusahaan Planet Computers. Tidak hanya itu, komunitas Linux juga mempunyai peranan penting dalam pengembangan sebuah firmware dan bersama komunitas Linux, kami selaku pihak Planet Computers akan melanjutkan untuk terus meningkatkan pengalaman para pengguna di Linux,” kata Dr Janko Mrsic Floger, selaku CEO Planet Computers.
 
Menariknya, dua OS tersebut bisa dipasang secara bersamaan dan pengguna bisa memilih salah satu ketika hendak mengoperasikannya. Jadi teorinya mirip dengan OS di PC desktop jika ingin menggunakan dua OS dengan sistem dual-boot.

Baca Juga : Keyboard Logitech K380 Mudah Terkoneksi Hingga ke Tiga Perangkat

Ponsel ini memiliki desain yang terinspirasi dari ponsel generasi tahun 90-an yaitu PDA Psion Series 5. Bentuknya juga mirip dengan Nokia Communicator yang merupakan ponsel lipat dan didalamnya dilengkapi dengan keyboard QWERTY seperti halnya laptop dan keyboard komputer.

Ponsel ini dipersenjatai dengan MediaTek Helio P70, RAM 6 GB, storage 128 GB serta dukung microSD. Layarnya sendiri ada dua, layar utama punya ukuran 5,99 inci dengan resolusi FHD+ (2160 x 1080) layar sentuh yang sudah terlindung pengaman anti gores. Layar kedua ada di bodi depan ketika ponsel dalam keadaan dilipat. Ukurannya 1,91 inci AMOLED dan sudah dukung layar sentuh. Bodi belakangnya punya kamera utama 24 MP serta sensor fingerprint.

Ponsel ini sudah dijual di situs resmi Planet Computers yang ditawarkan dengan harga 665,83 poundsterling atau sekitar 857,62 dolar Amerika. Jika dikonversi ke Rupiah maka harganya sekitar Rp12,3 juta.

SUMBER

Share Is Cool