Cara mudah untuk laporkan video bermasalah di YouTube

Dengan begitu banyaknya video yang bermunculan di internet, akan ada saatnya Anda menjumpai beberapa video yang tidak cocok untuk konsumsi massa. Saat itu terjadi, ada dua cara melaporkan video YouTube di Indonesia.

Jenis video yang disensor

Sebelum kita masuk ke cara melaporkan, perlu Anda ketahui terlebih dahulu video seperti apa saja yang YouTube akan sensor.

Perusahaan ini mengakui bahwa mereka tidak dapat menyeleksi semua video yang masuk ke website mereka. Oleh karena itu mereka membutuhkan bantuan pengguna untuk ikut melaporkan video ilegal yang telah diupload di sana.

Beberapa video yang disensor YouTube ialah yang berbau pornografi, hal-hal buruk seperti cara merakit bom dan kekerasan terhadap hewan, dan yang melanggar hak cipta. Walaupun YouTube mendukung kebebasan beropini, mereka memiliki peraturan keras terhadap konten yang mengajak pemirsa untuk mendiskriminasi seseorang. Video yang melanggar privasi seseorang juga akan ditarik.

Cara melaporkan video YouTube

Ada dua cara melaporkan video yang tidak pantas di YouTube, dan keduanya cukup mudah. Cara pertama adalah mengadukan konten di dalam website YouTube. Di bagian bawah video Anda bisa menemukan icon laporan yang bergambar bendera (gambar di bawah).

gambar
Di sana Anda bisa memilih apa masalah video tersebut. Sejumlah pilihan yang diberikan ialah konten seksual, konten yang kejam atau menjijikkan, konten bernada kebencian atau menyalahgunakan, tindakan berbahaya yang mencederai, pelecehan anak, spam atau menyesatkan dan melanggar hak seseorang.

Anda lalu tinggal mengisi beberapa informasi singkat mengenai laporan Anda di sana. YouTube mengatakan bahwa mereka serius menanggapi laporan pengguna, dan terus melakukan pengecekan 24 jam sehari apakah video yang dilaporkan melanggar ketentuan perusahaan.

YouTube akan mematikan akun orang yang telah melakukan pelanggaran berulang kali. Cara kedua ialah melakukan pengaduan ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Anda bisa segera mengirimkan email ke aduankonten@mail.kominfo.go.id.

sumber : merdeka.com

Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published.