Benarkan Server Pentagon Mudah Diserang

JS NEWS  Dan tentler dari phobos group menyatakan jiak beberapa konfigurasi pada server yang dijalankan oleh departemen pertahanan amerika dapat memberi akses ke hacker

hingga ke sistem internal pemerintahan. Tentunya, celah keamanan ini sebagai ancaman nasional karena dapat dieksploitasi oleh pihak luar negri meskipun untuk manipulasi sumber serangan dapat dengan mudah dilakukan.

Tentler mengidentifikasikan jika celah keamanan yang ditemukannya ini mungkin sudah ditemukan oleh orang lain karena begitu mudah menemukannya serta sudah dieksploitasi oleh orang lain.

Informasi ini sudah didapatkan pentagon sejak 8 bulan yang lalu tetapi tidak ada perbaikan keamanan yangditerapkan pada server karena tidak ditemukan sesuatu yang benar – benar mengancam. Hal ini dikarenakan server yang rentan tersebut bukanlah bagian dari kontes berburu celah keamanan yang dilakukan sejak setahun lalu oleh pentagon. Hanya domain .gov dan .mil yang diuji pada kontes tersebut.
Dengan belum tertanganinya celah keamanan ini, masih terdapat ancaman serius yang dapat membocorkan data seperti tragedi office of personnel management yang setidaknya 22 juta informaai pribadi berhasil dicuri. Fokus hacking saat ini disinyalir mengincar marine coros.

Meskipun Tentler sudah menjelaskan situasi yang berlarut ini dan celah keamanan belum ditutupi, ia tidak dapat mempublikasi hal ini lebih lanjut karena tidak mendapat izin dari pentagon.

Celah keamanan pada server pentagon ini membuat ide dari trump menjadi bahan tertawaan. Hal ini dikarenakan trump telah mengeluarkan perintah untuk keamanan cyber dengan mengevaluasi celah keamanan pada sistem federal selama60 hari. Namun, isu pada pentagon masih belum diperbaiki meskipun sudah dilapor berbulan – bulan lalu.

Sumber : PC Media 02 / 2017

Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published.