Beberapa Fitur WhatsApp Yang Jarang Digunakan Para Penggunanya, Kamu Wajib Tahu!

JS NEWS – Hallo teman-teman semuanya……!!!!!!! Aplikasi WhatsApp selalu melakukan update aplikasinya untuk menambahkan fitur-fitur baru di dalamnya. Dan kehadiran beberapa fitur baru tersebut terkadang tidak di sadari oleh para penggunanya. Berikut beberapa fitur penting di aplikasi WhatsApp yang jarang digunakan oleh penggunanya.

1. Mengirimkan Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya
Banyak di antara kita yang sering sekali berbagi foto dengan teman lainnya secara langsung dengan cara mengambilnya langsung dari galeri atau dari kamera. Dengan cara tersebut kualitas foto yang kita kirimkan akan menurun secara drastis. Mungkin akan terlihat sama dengan aslinya, namun ketika foto tersebut akan di print atau di cetak maka hasilnya di jamin akan berkurang atau agak pecah. Nah, agar kualitas foto yang di bagikan sama dengan aslinya maka kita bisa mengirimkan foto tersebut di aplikasi WhatsApp sebagai dokumen. Dengan demikian maka foto yang akan di bagikan ke teman, di jamin hasil kualitas foto yang di terima oleh teman kita akan sama dengan aslinya tanpa berkurang sedikit pun dari sebelumnya. 

2. Menyembunyikan Foto Yang Masuk WhatsApp Agar Tidak Tampil di GaleriSmartphone yang kita gunakan suatu saat pasti di pinjam oleh saudara atau teman kita. Sebagian dari mereka terkadang sengaja membuka galeri untuk melihat foto dan video yang ada di dalam nya. Seiring menerima kiriman gambar atau video yang sifatnya pribadi dan tidak mau di lihat oleh orang lain maka kita bisa mengatur agar foto atau video yang masuk ke WhatsApp tidak otomatis tersimpan di Galeri. Caranya sangatlah mudah dengan tab titik 3 yang ada di atas. Selanjutnya pilih “penggunaan data dan penyimpanan” lalu pilih “saat menggunakan data” dan kita hilangkan ceklis pada visibilitas media agar foto dan video yang masuk tidak secara otomatis tersimpan di galeri smartphone. Begitu juga pada pilihan saat menggunakan wifi kita juga hilangkan ceklis visibilitas media.

3. Notifikasi Khusus Untuk Kontak Tertentu. 
Terkadang sering masuk notifikasi ke WhatsApp kita dan kita berpikir bahwa itu adalah pesan dari ayang beb atau doi kita. Ternyata pesan yang masuk adalah pesan dari debt kolektor yang ingin menagih hutang kita. Dengan itu maka maka kita bisa membuat suara notifikasi nya menjadi khusus yang berbeda dari suara notifikasi pesan WhatsApp lainnya. Caranya terlebih dahulu kita buka profil kontak si dia yang ingin kita ubah suara notifikasinya. Kemudian beri notifikasi khusus lalu ceklis pada bilah gunakan notifikasi khusus. Selanjutnya di sini kita bisa mengatur berbagai jenis notifikasi khusus diantaranya nada notifikasi chat dan juga panggilan. Kita bisa mengganti nada notifikasi dari chat menggunakan nada dering lain agar terdengar berbeda dari kontak lainnya.

4. Video Call Lebih Dari 1 Orang
Video Call WhatsApp biasanya di lakukan oleh berdua saja atau hanya 2 orang saja yaitu kamu dengan si Doi. Tapi kini ada fitur yang membuat video call kamu bisa di temani oleh orang lainnya. Terutama bagi kalian yang LDR-an ya. Namun jika si kecil atau calon mertua mau nimbrung di video call tersebut maka kita bisa melakukannya dengan langsung secara bersamaan. Caranya ketika video call kita dan si dia sudah terhubung maka selanjutnya tab kontak yang ada di atas titik tiga untuk menambah peserta video call lalu pilih nama kontak yang akan kita gabungin untuk VC bersama-sama. Menambahkan peserta video call lainnya juga kita bisa melakukan langkah-langkahnya seperti tadi karena kita bisa mengobrol langsung di video call hingga 4 orang. 

5. Memblokir Seseorang Agar Tidak Bisa Melihat Status Yang Sudah Kita Buat
Memblokir disini bukan berarti memblokir secara total ya, tetapi hanya status yang kita buat saja yang tidak bisa di lihat. Ini sangat cocok buat kamu yang ingin membuat status di WhatsApp tanpa bisa dilihat oleh si dia. Caranya kita terlebih dahulu tab titik tiga di bagian atas, lalu pilih stelan, pilih akun dan privasi. Lalu pada pengaturan privasi status kita pilih “kontak saya kecuali”. Kemudian pilih nama kontak yang tidak di izinkan untuk melihat status yang kita buat. Dan jika sudah di pilih maka kontak tersebut tidak akan bisa melihat status yang kita buat di WhatsApp. Ada juga pengaturan privasi status ini di mana kita juga bisa mengatur agar yang bisa melihat status tersebut adalah orang-orang tertentu. Caranya di sini kita pilih “hanya bagikan dengan” kemudian tentukan kontak mana saja yang akan diperbolehkan untuk melihat status yang kita buat dan nantinya kontak lain yang tidak kita pilih tidak akan bisa melihat status tersebut. 

Itu dia beberapa fitur aplikasi WhatsApp yang jarang digunakan menurut saya. Dan jika kalian ada masukan fitur lainnya yang masih rahasia silakan tulis di kolom komentar atau qoute post.

SUMBER

Share Is Cool