Bahasa Pemrograman BASIC kini Berusia 50 Tahun

BeritaTeknologi.com Saat ini, berbagai jenis bahasa pemrograman digunakan untuk membuat sebuah software.

Namun di zaman dulu, jumlah bahasa pemrograman yang ada masih terbatas. Dan salah satu bahasa pemrograman yang sudah berkembang cukup lama sejak tahun 1964 adalah BASIC, tepatnya pada tanggal 1 Mei 1964.
Dan kini, bahasa pemrograman tersebut resmi telah merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Bahasa ini pertama kali dikembangkan oleh John G Kemeny beserta Thomas E Kurtz yang berasal dari Dartmouth College, Hannover, New Hampshire, Amerika. Dua pencipta bahasa pemrograman ini merupakan seorang profesor di bidang matematika.
Pada tahun 1970an dan awal tahun 1980an, bahasa pemrograman ini pun mengalami perkembangan. Terlebih pada rentang waktu ini, komputer personal mulai dijual di pasaran dan banyak orang yang mulai membangun program untuk dijalankan di dalam komputer. Salah satunya adalah Paul Allen bersama Bill Gates yang pada waktu itu mendirikan Microsoft. Keduanya pun membuat versi baru dari BASIC yang disebut dengan nama Altair BASIC.
Namun kini BASIC mulai ditinggalkan oleh para programmer. Terlebih setelah Microsoft memperkenalkan sistem operasi Windows. Meski begitu, tetap ada segelintir orang yang masih ingin terus mempelajari bahasa pemrograman ini agar tidak tergerus zaman.

Sumber:https://www.beritateknologi.com/bahasa-pemrograman-basic-kini-berusia-50-tahun/