Always Home Cam, Drone Kamera Keamanan Rumah dari Amazon

JS NEWS – Kamera keamanan dalam bentuk drone otonom indoor yang dapat terbang berpatroli keliling rumah sesuai perintah penggunanya

Salah satu cara untuk meningkatkan sistem keamanan di rumah adalah dengan memasang kamera pengawas atau dikenal CCTV. Namun bagaimana pendapat kalian mengenai kamera keamanan berbentuk drone yang belum lama ini diperkenalkan oleh Amazon?

Perangkat tersebut bernama Always Home Cam yang dibuat oleh Ring, anak perusahaan keamanan rumah milik Amazon. Ia merupakan kamera keamanan dalam bentuk drone otonom indoor yang dapat terbang berpatroli keliling rumah sesuai perintah penggunanya.https://www.youtube.com/embed/i2jFN_QEcS4?feature=oembed

Untuk melihat gambarannya, Anda bisa melihat video di atas. Pada video tersebut, menunjukkan bagaimana Always Home Cam terpicu oleh sistem alarm Ring dan terbang memperlihatkan kondisi rumah pengguna.

Sebelum lanjut, perlu diketahui bahwa Always Home Cam belum benar-benar tersedia sampai tahun 2021. Menurut kalian apakah produk tersebut akan menjadi solusi keamanan yang baru atau justru menjadi bumerang karena rentang melanggar privasi?

Memang bila dibandingkan dengan kamera keamanan konvensional yang harus ditempatkan di setiap sudut ruangan, dengan satu Always Home Cam bisa mengawasi seisi rumah. Di sisi lain, banyak juga yang khawatir tentang privasi dan keselamatan, serta bagaimana bila drone tersebut diretas?

CEO Ring, Jamie Siminoff menekankan bahwa Always Home Cam terinspirasi oleh keluhan nyata dari para pelanggannya. Perangkat ini juga sudah didesain sedemikian rupa, tidak seperti drone lainnya Always Home Cam tidak bisa dikontrol secara langsung dan hanya terbang pada jalur yang telah diprogram sebelumnya. Namun bergerak tanpa dikendalikan secara langsung juga mungkin terasa merasahkan.

Baca Juga : Skydio X2 Ramaikan Pasar Portable Drone untuk Kebutuhan Komersial

Selain itu alih-alih terbang dengan senyap, drone ini justru mengeluarkan suara. Hal ini bertujuan untuk memberikan privasi agar pengguna dan anggota keluarga lainnya mengetahui dengan pasti ketika drone sedang berpatroli. Mereka menyebutnya “privasi yang dapat Anda dengar.”

Apakah drone kamera keamanan ini cukup meyakinkan? Untuk spesifikasi teknis dari Always Home Cam saat ini belum diungkap, karena perangkat ini masih belum benar-benar tersedia maka wajar bila ada yang antusias tapi ada juga yang resah, yang jelas Amazon sendiri memiliki jawaban menanggapi masalah privasi. Rencananya produk ini diharapkan diluncurkan sekitar tahun 2021 dengan harga US$250 atau sekitar Rp3,7 juta.

SUMBER

Share Is Cool