Alibaba Ciptakan AI Copywriter, Apa Kelebihannya?

JS NEWS Divisi pemasaran digital Alibaba Group, Alimama, meluncurkan alat copywritingmenggunakan teknologi kecerdasan buatan alias AI (artificial intelligence).

AI Copywriter menggunakan teknologi Deep Learning dan Natural Language Processing untuk mempelajari berbagai contoh tulisan dari situs e-dagang Alibaba, Tmall, dan Taobao.

Hal itu memungkinkan perusahaan dan pengiklan untuk mendapatkan berbagai contoh teks pemasaran untuk produk mereka. Caranya hanya dengan memasukkan tautan dan mengklik tombol Produce Smart Copy.

Baca Juga : Alibaba Mengepung Kota dan Desa di Cina Hingga Indonesia

“Semua konten yang dihasilkan oleh AI Copywriter adalah hasil dari penerapan model Deep Learning yang mengacu kepada berbagai konten berkualitas buatan manusia,” ujar Christina Lu, General Manager Alimama, dilansir CNBC.“Kreativitas manusia menjadi landasan bagi teknologi ini karena mesin tidak akan mampu menggantikan kreativitas seseorang,” sambungnya.

Teknologi tersebut sudah digunakan lebih dari satu juta kali dalam sehari oleh para pedagang dan pemasar  di situs-situs Alibaba seperti Taobao, Tmall, Mei.com, dan 1688.com.

AI Copywriter pun berhasil melewati tes yang menilai apakah sebuah mesin mampu memperlihatkan kecerdasan seperti manusia. Ia mampu menghasilkan 20.000 contoh teks pemasaran dalam satu detik.

Selain jumlah kata, para pengguna juga dapat mengatur gaya penulisan, apakah bersifat promosi, fungsional, menyenangkan, puitis, atau menyentuh. Sampai saat ini, ada dua merek fashion besar, Esprit dan Dickies, yang menggunakan teknologi itu.

“Penggunaan kecerdasan buatan di bidang pemasaran memungkinkan manusia untuk mencurahkan lebih banyak energi guna memperkaya pekerjaan kreatif,” kata Christina.

Mulai 4 Juli 2018, teknologi tersebut sudah dapat digunakan untuk membantu kebutuhan copywritingpara pedagang. Selain itu, AI Copywriter akan meningkatkan efisiensi kerja para copywriter alih-alih menggantikan fungsi mereka.

Sumber: CNBC

Share Is Cool