Adu Hebat Antivirus Gratis Terbaik

JS NEWS Uji coba berdasarkan tingkat pendeteksian terhadap 50 malware zero day.

Antivirus, aplikasi yang bertujuan untuk mengamankan sistem dari ancaman malware ini dapat dikatakan salah satu aplikasi wajib yang mesti di-install pada setiap komputer.

Aksi dari malware seperti pencurian data hingga membajak data-data di komputer tentunya akan menimbulkan kerugian pada korban yang terinfeksi malware.

Ada banyak aplikasi yang dapat dijadikan pilihan sebagai pelindung sistem. Sebagian ada yang berlisensi gratis dan ada juga yang berlisensi berbayar. Kali ini, antivirus gratis yang akan dijadikan bahasan untuk mencari antivirus gratis dengan pendeteksian terbaik dalam mendeteksi malware zero day alias malware yang baru ditemukan.

Berikut daftar aplikasi antivirus yang diuji coba untuk menentukan tingkat keberhasilan dalam pendeteksian malware:

  • Avast
  • AVG
  • Avira
  • Baidu
  • Bitdefender
  • Comodo
  • Web
  • Malwarebytes
  • Panda
  • Sophos

Ketentuan

Setiap antivirus akan di-install pada sistem yang menggunakan Windows 10. Menu untuk melakukan update database signatures akan dilakukan sebelum proses scan dimulai untuk memastikan setiap antivirus yang diuji coba menggunakan database signatures terbaru.

Setelah pengujian pada satu antivirus selesai, proses uninstall dan restart akan dilakukan hingga proses instalasi antivirus selanjutnya dilakukan. Proses instalasi/pengujian dilakukan berdasarkan abjad antivirus. File installer bersifat offline installer meskipun demikian, ditemukan peringatan untuk membutuhkan koneksi Internet pada beberapa antivirus ketika proses instalasi.

Ketika proses scan, kondisi Internet dalam keadaan aktif, meskipun demikian tidak ada antivirus yang menggunakan teknologi Cloud dalam mendeteksi malware sehingga hasil pengujian tetap bersifat adil.

Proteksi  bersifat real-time dari Windows Defender yang ter-install di Windows 10 dimatikan terlebih dahulu untuk mencegah file malware dideteksi atau dihapus oleh Windows Defender sehingga mengganggu pendeteksian antivirus yang diuji coba. Begitu pula dengan proteksi dari setiap antivirus yang diuji coba yang dimatikan terlebih dahulu agar file malware tidak terdeteksi atau langsung dihapus oleh antivirus tersebut.

Tidak ada konfigurasi yang dimodifikasi pada antivirus sebelum melakukan proses scan. Hal ini mengingat pengguna awam lebih menyukai aplikasi yang langsung digunakan.

Total file malware yang di-scan berjumlah 50 file. File ini didapatkan dari komunitas dari Cina yang dipublikasikan sekitar 2 jam sebelum uji coba pendeteksian dilakukan. Tidak ada satupun dari file malware yang di-scan pernah di-upload ke layanan scan virus online yaitu VirusTotal.

Avast Antivirus

avira antivirusDengan file installer berukuran 211 MB, antivirus yang kantor pusatnya berlokasi di Ceko ini sudah didirikan sejak tahun 1988.

Proses instalasi berjalan mulus dan proses update pun tidak memakan waktu yang lama. Tampilan antivirus ini dapat dikatakan elegan dan sangat mudah digunakan tanpa membingungkan pengguna.

Versi program: Avast Antivirus 12.1.2272 (build 12.1.3076.0)

Versi database: 160711-1

rasio pendeteksian 64Total pendeteksian: 32 file terdeteksi

Rasio pendeteksian: 64%

AVG Antivirus

Berpusat di negara kincir angin,  awal mulanya AVG Antivirus justru didirikan di Ceko di tahun 1991.

avg antivirusFile installer berukuran 249 MB ini memulai proses instalasi yang dirasakan memakan waktu relatif lama termasuk proses uninstall. Tampilan awal didominasi warna hitam, hijau dan putih dengan tombol flat seperti Windows 8.

Saat melakukan scan melalui jendela utama, tidak ada file yang terdeteksi. Berdasarkan ketentuan penggujian, tidak ada konfigurasi yang diubah sebelum melakukan scan. Akhirnya, scan berhasil dilakukan melalui context menu.

Versi program: AVG Antivirus Free 16.91.7688

Versi database: –

rasio pendeteksian 70Total pendeteksian: 35 file terdeteksi

Rasio pendeteksian: 70%

Avira Antivirus

Dengan file installer berukuran 212 MB dan logo seperti payung ini didirikan pada tahun 1986 di Jerman.

avira antivirusMengusung tampilan yang menyajikan menu dengan tersusun rapi serta berkesan minimalis namun nyaman dilihat.

Mirip dengan AVG Antivirus, scan folder malware melalui jendela utama tidak berjalan sebagaimana mestinya. Scan melalui context menu menjadi pilihan untuk pengujian ini.

Proses pembersihan malware dapat dikatakan relatif lama meski malware tidak aktif di sistem.

Versi program: Avira Free Antivirus 15.0.17.273

Versi database:  8.12.104.176

rasio pendeteksian 72Total pendeteksian: 36 file terdeteksi

Rasio pendeteksian: 72%

Baidu Antivirus

Antivirus buatan perusahaan Cina ini cukup menimbulkan kontroversi dengan isu mencuri privasi dari pengguna . Dikembangan dari perusahaan yang memiliki banyak layana seperi search engine, Baidu Antivirus dipublikasikan resmi pada tahun 2013.

baidu antivirusProses instalasi relatif cepat,  meskipun file installer berukuran 166 MB. Hal ini belum tentu sesuatu hal yang positif mengingat proses instalasi mencakupi pembuatan service dan pemanggilan driver pada kernel.

Tampilan menarik dan mudah digunakan disajikan oleh Baidu Antivirus untuk penggunanya.

Versi program: Baidu Antivirus 5.4.3.148966

Versi database:  7/12/2016

rasio pendeteksian 4Total pendeteksian: 2 file terdeteksi

Rasio pendeteksian: 4%

Bitdefender Antivirus

Antivirus yang dikenal dengan penggunaan engine-nya oleh antivirus lain ini dikembangkan di Rumania sejak tahun 2001. Dengan ukuran file installler sebesar  310 MB, Bitdefender merupakan antivirus dengan file installer terbesar dibandingkan file installer antivirus lain yang diuji coba.

bitdefender antivirusProses instalasi agak berbeda dengan antivirus lain karena adanya informasi scanning, downloading dan installing.

Tampilan yang mengusung warna hitam dan tombol flat, terkesan sederhana. Hal yang cukup mengganggu yaitu saat proses update yang mengkonsumsi waktu relatif lama tanpa adanya informasi persentase update atau data yang telah berhasil di-download dari server.

Versi program: Bitdefender Antivirus Free Edition 1.0.21.1109

Versi database:  –

rasio pendeteksian 36Total pendeteksian: 18 file terdeteksi

Rasio pendeteksian: 36%

 

 

 

comodo antivirusComodo Antivirus

Dibuat dari perusahaan yang menjual SSL digital certificates, antivirus ini memiliki kantor pusat di Amerika Serikat.

Proses update pertama cukup besari yaitu 249 MB dengan ukuran file installer sendiri yaitu 165 MB. Terdapat aplikasi Comodo Geek Buddy yang akan ikut ter-install namun, aplikasi tambahan ini dirasakan cukup mengganggu karena menampilkan pop-up yang terlalu sering kepada pengguna.

Tampilan Comodo Antivirus berani memainkan warna warni dengan latar belakang yang gelap sehingga tidak terlalu kaku seperti BitDefender.

Versi program: Comodo Antivirus 8.4.0.5076

Versi database:  25427

rasio pendeteksian18Total pendeteksian: 9  file terdeteksi

Rasio pendeteksian: 18%

 

Dr.Web

Antivirus buatan Rusia ini dirilis pertama kali pada tahun 1992 dan juga memiliki layanan anti spam.

dr webTampilan aplikasi dengan ukuran file installer berukuran 130 MB ini cukup sederhana namun elegan karena hanya menawarkan fitur scanner saja sehingga tidak ada proses instalasi yang dilalui.

Tidak ada menu update pada antivirus ini, namun bisa saja proses update dilakukan saat aplikasi ini dijalnakan, mengingat lamanya jendela utama muncul setelah aplikasi dijalankan

Versi program: Dr.WEB CureIt! 11.0

Versi database:  –

rasio pendeteksian 60Total pendeteksian: 30  file terdeteksi

Rasio pendeteksian: 60%

Malwarebytes Anti-Malware

Aplikasi yang bertujuan menjaga sistem dari ancaman malware ini dapat dikatakan yang termuda dibandingkan dengan aplikasi sekuriti lain dalam pengujian. Dirilis pertama kali pada 2008 dan berpusat di Amerika Serikat.

malwarebytes anti malwareUkuran file installer tergolong kecil yaitu 21 MB dan tampilan yang sederhana namun menarik serta gampang digunakan.

Lama proses scan relatif lama mesti hanya folder tempat file malware yang di-scan. Hal ini dikarenakan ada beberapa objek yang akan di-scan terlebih dahulu. Terdapat juga heuristic analysis yang memakan waktu relatif lama.

Versi program: Malwarebytes Anti-Malware 2.2.1.1043

Versi database:  v2016.07.12.03

rasio pendeteksian 34Total pendeteksian: 17  file terdeteksi

Rasio pendeteksian: 34%

Panda Antivirus

Dengan ukuran file installer sebesar 64 MB, antivirus yang berasal dari Spanyol ini dikembangkan sejak tahun 1990.

panda antivirusDi dalam proses instalasi, ditawarkan toolbar untuk browser serta MyStart sebagai halaman awal. Opsi yang ditawarkan secara default ini berpotensi dapat mengganggu pengguna Internet.

Dengan latar belakang putih, Panda Antivirus terkesan rapi dengan tema Metro.

Versi program: Panda Free Antivirus 16.1.3

Versi database:  –

rasio pendeteksian 36Total pendeteksian: 18  file terdeteksi

Rasio pendeteksian: 36%

Sophos Antivirus

Dikembangkan sejak tahun 1985 di Inggris, antivirus ini memiliki file installer sebesar 187 MB.

sophos antivirusProses instalasi yang memerlukan koneksi Internet ini relatif lama dengan informasi pada jendela informasi yaitu sekitar 10 menit. Hanya tersedia scan untuk seluruh disk, sehingga uji coba pendeteksian dilalui dengan scan menggunakan context menu.

Tampilan Sophos Antivirus dapat dikategorikan sederhana dan pengaturan hanya dapat dilakukan melalui website.

Tidak ditemukan menu update pada antivirus ini.

Versi program: Sophos Home 1.0.5

Versi database:  –

rasio pendeteksian 2Total pendeteksian: 1  file terdeteksi

Rasio pendeteksian: 2%

kesimpulanKesimpulan

Setelah proses pengujian selesai, berikut peringkat antivirus berdasarkan tingkat pendeteksian tertinggi terhadap malware yang berusia 0 hari ini:

Avira Antivirus berhasil menjuarai uji coba antivirus gratis dengan pendeteksian tertinggi terhadap malware terbaru.

Hasil dari uji coba ini dapat dijadikan referensi Anda dalam memilih antivirus yang dapat digunakan di komputer Anda. Meskipun uji coba ini dilakukan secara adil, ada berbagai faktor lain dalam melakukan pemilihan antivirus terbaik secara global.

Tidak hanya pendeteksian tertinggi, tapi ada juga faktor False Positive terendah, penggunaan resource sistem yang digunakan, kecepatan scanning, fitur real-time protection, kemampuan pembersihan malware dan faktor lainnya yang menjadi acuan dalam memilih antivirus yang pas untuk kebutuhan Anda.

Sumber : http://pcmedia.co.id/2016/08/adu-hebat-antivirus-gratis-terbaik/

Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published.