6 Brand( Merek) hebat ini rupanya adalah koperasi kelas dunia lho

JS NEWS – Koperasi adalah badan usaha yang berasal dari, oleh, dan untuk mensejahterakan anggotanya. Pembeda yang jelas antara badan usaha koperasi dan nonkoperasi terletak pada jati diri koperasi yaitu definisi (identitas), prinsip dan nilai.

Anggota koperasi memiliki identitas ganda (dual identity), singkatnya, pemilik koperasi adalah sekaligus pelanggan koperasi, kreditur juga nasabah, dan term lainnya. Sistem koperasi nyatanya tak kalah sukses dengan nonkoperasi lho, berikut 6 brand hebat milik koperasi yang kebanyakan orang belum tahu:

1. FrieslandCampina; dairy pilihan sejuta umat

Siapa yang gak tahu es krim Campina? nah, es krim lezat ini adalah salah satu dari sekian banyak produk koperasi FrieslandCampina lho. Hebatnya, produk FrieslandCampina telah tersebar ke lebih dari 100 negara.

Meraup keuntungan tahunan sebesar 12,1 juta euro, menjadikan FrieslandCampina sebagai salah satu perushaan susu terbesar dunia. Lebih dari 140 tahun Zuivelcoöperatie FrieslandCampina U.A setia melayani anggota koperasi di Belanda, Jerman dan Belgia.

2. Sunkist; top of mind minuman jeruk

Image result for sunkist

Duh, siapa si yang gak kenal Sunkist? brand yang kerap “dijadikan” sebagai nama salah satu jenis jeruk ini benar-benar sudah menjadi top of mind produk minuman jeruk dunia. Ternyata, Sunkist adalah koperasi pemasaran yang dimiliki dan dioperasikan oleh anggotanya yaitu petani jeruk di California dan Arizona. Salut deh!

3. Barcelona; lebih dari sebuah klub

Mes que un club (lebih dari sebuah klub), Barcelona adalah salah satu tim sepak bola yang melegenda dan popular di dunia. Seperti jargonnya, Barcelona memang lebih dari sebuah klub, klub yang juga koperasi, keren ya?

Image result for barcelona fc logo

Nah, anggota koperasi Barcelona tak lain adalah anggota fan club resmi yang berjumlah lebih dari 200.000 orang itu lho. Karena berbentuk koperasi, semua anggota memiliki hak suara untuk memutuskan arah dan masa depan klub. Woah, Barca yang hebat ini jadi berasa punya sendiri ya..

Baca Juga

Kabar terbaru, Barcelona mencatatkan rekor pendapatan terbesar dalam sejarah, pada priode 2017-2018 mengumpulkan 914 juta euro atahu setara Rp15 triliun (kurs euro: Rp16.700) dan menjadikan Barca sebagai klub terkaya ke-2 di dunia.

4. Rabobank

Rabaobank, bank yang juga menghiasi etalase perbankan di Indonesia ini adalah bank koperasi dengan bisnis retail bankingwholesale bankingprivate bankingleasing dan layanan real estate, melayani hampir 8,4 juta klien di seluruh dunia.

Logo Rabobank

Dalam menjalankan bisnisnya, meskipun dengan jaringan internasional, Rabobank tetap mengutamakan layanan kepada anggota berbasis prinsip koperasi.

5. Ace Hardware Corp; toko komponen andalan

Pantes aja jumlahnya “ribuan” karena brand komponen ini adalah toko komponen yang dimiliki dan dioperasikan oleh wirausahawan lokal dibawah naungan besar koperasi.

Memiliki 5.000 toko diseluruh dunia? gak kaget lah ya, wirausahawan lokal punya..

6. NTUC Fairprice Co-operative Ltd; si raja retail Singapura

Logo NTUC fairprice

Berkembang dan majunya NTUC adalah Sebuah kebanggaan tersendiri bagi rakyat Singapura. Pasalnya, NTUC Bermula dan lahir oleh, dari, dan untuk rakyat, tepatnya sejak gerakan buruh dengan misi sosial untuk memperbaiki biaya hidup rakyat Singapura kala itu (1973).

Dari satu supermarket, NTUC Fairprice Co-operative Ltd berkembang menjadi retail terbesar di Singapura, melayani 600.000 pembeli setiap hari dengan jaringan lebih dari 200 outlet. Terdiri dari FairPrice supermarkets, FairPrice Shop, FairPrice Finest, FairPrice Xtra and Unity Pharmacies.

Mengikuti tuntutan zaman, NTUC Fairprice Co-operative Ltd pun melayani lebih dari 400.000 pelanggan dalam pengalaman berbelanja online. Tidak berhenti disitu, NTUC memperluas bisnisnya dengan meimiliki fresh food distribution centre, centralised warehousing dan distribution company.

Bermodalkan misi sosial NTUC FairPrice bercita-cita dapat memimpin Singapura menjadi peritel kelas dunia. Ajib ya kan..

Itu dia 6 brand hebat milik koperasi, gimana? Koperasi kita pasti bisa!!

SUMBER

Share Is Cool