5 Kemampuan Dasar untuk Digital Marketing

Memiliki digital skill sangat penting karena nilai tinggi dan merupakan kebutuhan vital saat ini , Pentingnya mendalami beberapa skill khusus sebagai digital marketing specialist / Unsplash

JS NEWS – Digital marketing specialist menjadi sebuah profesi yang banyak digandrungi lebih dari satu dekade belakangan ini. Adanya kehadiran media sosial dan perkembangan dunia digital yang berkembang pesat. Laporan terkini World Economic Forum (WEF) mengungkapkan beberapa jenis bidang pekerjaan yang berpeluang mencatat kebutuhan tinggi dalam dua tahun ke depan. Salah satunya peluang kerja di bidang sales & marketing professionals – di mana Digital Marketing Specialist merupakan bagian dari bidang tersebut.

Berikut ini adalah hasil dari ketertarikan terhadap kemampuan digital marketing di Indonesia selama dua tahun terakhir.

digital marketing

Dari data di atas, tidak heran jika banyak perusahaan begitu memerlukan talenta dengan kemampuan menganalisa potensi pasar yang dikombinasikan dengan literasi penggunaan tools digital. Bagi pemula di ranah ini, kira – kira apa saja skill yang harus dimiliki untuk meningkatkan performa pemasaran di wilayah digital?

1. Mempertajam skill analisa

Skill ini diperlukan untuk dapat menganalisa setiap kegiatan marketing yang dilakukan. Para digital marketing specialists juga selalu dituntut untuk dapat menganalisa setiap kebutuhan dan konversi dari website yang dimiliki. Dengan kemampuan analisa yang baik, diharapkan mereka dapat meningkatkan konversi juga prediksi langkah dan kebutuhan yang harus diambil di masa yang akan datang.

2. Aktif di media sosial

Tidak dapat dipungkiri, adanya media sosial merupakan komponen penting dalam kanal digital marketing. Maka, wajib hukumnya untuk seorang digital marketing specialists dapat aktif dan menguasai kemampuan media sosial dengan baik. Apakah nge-tweet dan mempercantik feed Instagram cukup?

BACA JUGA : Cara Kunci & Menyembunyikan Folder di Laptop Windows Tanpa Aplikasi

Tentu tidak. Lebih dari pada itu, digital marketing specialists harus mampu menyusun strategi untuk memperluas jaringan pemasaran di media sosial sembari memahami behavior penggunanya.

3. Kemampuan visualisasi data

Data is the new oil, they said. Seorang digital marketer sejatinya juga mengamini ungkapan tersebut. Data diperlukan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan keputusan yang diambil (atau yang seringkali disebut sebagai data-oriented decision making). Adanya kemampuan mengolah dan memvisualisasikan data yang baik sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan dalam digital marketing.

4. Mengasah technical skill

Tidak ada salahnya untuk mempelajari dasar technical skill, seperti dasar web development atau video editing. Bisa jadi bentuk komunikasi dengan tim web developer atau content creator. Siapa tahu setelah itu bisa saling diskusi dan bertukar pikiran untuk membuat digital marketing campaign.

5. Bisa bekerjasama dalam tim

Seorang digital marketing juga harus dapat menjadi team player yang baik untuk bekerjasama dengan anggota tim lain. Ada banyak hal yang akan membuat digital marketing saling berhubungan antar tim lainnya. Seperti ketika membuat campaign, tentunya kita akan membutuhkan resource / bantuan dari tim lain seperti web developer, social media, content creator, dll.

SUMBER

Share Is Cool